Ketua Manchester United yang sudah lama menjabat memberi tahu FourFourTwo mengapa dua pemain terhebat sepanjang masa itu akhirnya tidak berakhir di Old Trafford

Manchester United memenangkan tujuh dari sembilan gelar Liga Premier antara tahun 1993 dan 2001 – meskipun gagal merekrut Zinedine Zidane dan Alan Shearer selama periode tersebut.

Sir Alex Ferguson mengumpulkan skuad bintang yang mendominasi sepak bola Inggris, namun Setan Merah pun tidak berhasil mendapatkan semua target mereka.

Manchester United terkenal mencoba mengontrak Shearer dari Blackburn Rovers pada musim panas 1996, namun dikalahkan oleh klub masa kecil sang striker, Newcastle United, yang menandatangani rekor transfer dunia sebesar £15 juta.

Ada dugaan selama bertahun-tahun bahwa Shearer sendiri menolak kepindahan ke Old Trafford untuk bergabung dengan Newcastle, meskipun mantan ketua Manchester United yang sudah lama menjabat, Martin Edwards, mengatakan kepada FourFourTwo bahwa menurutnya hal itu belum tentu benar.

Sebaliknya, dia berpikir pemilik Blackburn, Jack Walker, enggan menjual kepada apa yang dia anggap sebagai saingan – Rovers telah mengalahkan Manchester United dalam perebutan gelar Liga Premier pada tahun 1995, meskipun finis di urutan ketujuh setahun kemudian, dan akhirnya terdegradasi pada tahun 1999.

“Kami sudah menyetujui persyaratan dengan Shearer, tapi saya rasa dia tidak ingin bermain untuk kami,” kata Edwards, dalam edisi khusus FFT yang didedikasikan untuk karier Ferguson dan masa jabatannya di Old Trafford.

“Jack Walker tidak mengizinkan dia datang ke kami – dia bilang dia tidak akan menjualnya kecuali dia bergabung dengan Newcastle.”

Zidane juga berada di pasar pada waktu yang hampir bersamaan, ketika ia bergabung dengan Juventus dari Bordeaux – Edwards menjelaskan bahwa Manchester United bisa saja mengontrak pemain Prancis itu.

“Di Prancis, kami mempunyai kesempatan untuk mendapatkan Zinedine Zidane, yang akan menjadi pembelian luar biasa bagi kami,” katanya. “Tapi menurut saya Alex merasa jika dia mendatangkan Zidane, itu akan mengganggu Eric Cantona.”

Yang mengejutkan Ferguson, Cantona gantung sepatu setahun kemudian, pada usia 30 tahun. Dua belas bulan setelah itu, Zidane memenangkan Piala Dunia dan Ballon d’Or.

By livi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *